Kamis, 04 April 2013

Undang-undang Pelestarian Lingkungan Hidup


Usaha-usaha pelestarian lingkungan hidup merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia. Dalam hal ini, usaha pelestarian lingkungan hidup tidak hanya merupakan tanggung jawab pemerintah saja, melainkan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyarakat. Pada pelaksanaannya, pemerintah telah mengeluarkan beberapa kebijakan yang dapat digunakan sebagai payung hukum bagi aparat pemerintah dan masyarakat dalam bertindak untuk melestarikan lingkungan hidup. Beberapa kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah tersebut, antara lain meliputi hal-hal berikut ini:

1)   Undang-undang pasal 33 ayat 3 yang berbunyi: "Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat"
2)   UU No. 22/ 2001 tentang minyak dan gas bumi yang menegaskan dengan jelas bahwa kedudukan usaha dibidang eksploitasi dan perdagangan migas sebagai usaha mengejar keuntungan.
3)   UU No. 4 tahun 2009 tentang pertambangan Mineral dan batubara.
4)   Undang-Undang No 4 Tahun 1982, lingkungan hidup merupakan kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakunya yang memengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya
5)   Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.
6)   Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 148/11/SK/4/1985 tentang Pengamanan Bahan Beracun dan Berbahaya di Perusahaan Industri.
7)   Peraturan Pemerintah (PP) Indonesia Nomor 29 Tahun 1986 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup
8)   Pembentukan Badan Pengendalian Lingkungan Hidup pada tahun 1991.
9)   Undang Undang No. 23 Tahun 1997 adalah :
a.   Tercapainya keselarasan, keserasian, dan keseimbangan antara manusia dan lingkungan hidup;
b.   Terwujudnya manusia Indonesia sebagai insan lingkungan hidup yang memiliki sikap dan tindak melindungi dan membina lingkungan hidup;
c.   Terjaminnya kepentingan generasi masa kini dan generasi masa depan;
d.   Tercapainya kelestarian fungsi lingkungan hidup ;
e.   Terkendalinya pemanfaatan sumber daya secara bijaksana;
f.    Terlindunginya Negara Kesatuan Republik Indonesia terhadap dampak usaha dan/atau kegiatan di luar wilayah negara yang menyebabkan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup.
g.   Berikut ni adalah undang undang yang juga terkait dengan pelestarian & lingkungan hidup